Jumat, 24 September 2010

Definisi dan Fungsi SIM

1. Pendahuluan
SIM bukan merupakan hal baru,ruang lingkup SIM itu tertuang pada tiga kata pembentuknya, yaitu “sistem”, “informasi”, dan “manajemen”. Sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan.
Perkembangan system informasi manajemen telah menyebabkan terjadinya perubahan yang cukup signifikan dalam pola pengambilan keputusan,para personilnya dituntut untuk selalu dapat memperoleh informasiyang paling akurat dan terkini yang dapat digunakannya dalam proses pengambilan keputusan.

2. Tinjauan Pustaka
Konsep sistem informasi manajemen dengan tujuan utama yaitu aplikasi komputer untuk menghasilkan informasi.Ketika itu mulai terlihat jelas bahwa komputer alat bantu yang mampu menyediakan informasi manajemen.Konsep SIM ini dengan sangat cepat diterima oleh beberapa perusahaan dan institusi pemerintah dengan skala besar.Semua sistem informasi memiliki 3 aktifitas dasar didalamnya yaitu :
1. Menerima data sebagai masukan ( input )
2. Memproses data ( processing )
3. Memperoleh informasi sebagai keluaran ( output )

3. Pembahasan
SIM adalah suatu sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi,supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen ,baik yang menyangkut keputusan – keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis.
Salah satu fungsi dari SIM sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan.
Sebuah sistem keputusan, yaitu model dari sistem dengan mana keputusan diambil, dapat tertutup atau terbuka.Sebuah sistem keputusan tertutup menganggap bahwa keputusan dipisah dari masukkan yang tidak diketahui dari lingkungan. Dalam sistem ini pengambil keputusan dianggap:
a. Mengetahui semua perangkat alternatif dan semua akibat atau hasilnya masing-masing
b. Memiliki metode (aturan, hubungan, dan sebagainya) yang memungkinkan dia membuat urutan kepentingan semua alternatif.
c. Memilih alternatif yang memaksimalkan sesuatu, misalnya laba, volume penjualan, atau kegunaan.

4. Penutup
Kesimpulan
Pembahasan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan umum kepada para pembaca tentang materi Sistem Informasi Manajemen agar dapat memperoleh pengetahuan dan memahami peran SIM dalam proses pengambilan keputusan.
Saran
Agar penulisan ini dapat lebih baik lagi namun diharapkan para pembaca dapat memperkaya pemahamannya melalui berbagai referensi lainnya yang terkait.Untuk meningkatkan kualitas penulisan ini di masa mendatang penulis berterima kasih atas masukan maupun sumbangan saran dari semua pembaca.

5. Referensi
Browsing internet on Browsing internet on http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi_Manajemen
Browsing internet on http://www.yoyoke.web.ugm.ac.id
Davis, B. Gorgon. 1995. Kerangka Dasar SIM. Jakarta. Penerbit: PT Gramedia
Browsing internet on http://www.kuliah.dinus.ac.id/ika/asi/modul.htm
Browsing internet on http://www.stmikmj.ac.id/sim1.htm
Browsing internet on http://pusdiklatwas.bpkp.go.id/filenya/namafile/258/KT_SIM.pdf
Buku Seri Diktat Kuliah Pengantar Sistem Informasi.Penerbit : Gunadarma
Browsing internet on http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-software-perangkat-lunak-komputer/
Browsing internet on http://books.google.co.id/books?id=lPMl0rePj3EC&pg=PA181&lpg=PA181&dq=komponen+komponen+pendukung+SIM&source=bl&ots=ooo0JSX6tL&sig=qVGUZJKv-fwmHpjj1qcqlbfR6mc&hl=id&ei=E22dTO3COJO4cczdqb4J&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=10&ved=0CDEQ6AEwCTgo#v=onepage&q=komponen%20komponen%20pendukung%20SIM&f=false
Browsing internet on http://www.google.co.id/search?q=pengertian+prosedur&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:id:official&client=firefox-a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar