Rabu, 27 Oktober 2010

Teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik pada masa kini

1. Pendahuluan
Ketika para eksekutif bisnis masa kini mengembangkan rencana bisnis strategis untuk perusahaannya, mereka memilih pilihan yang tidak tersedia beberapa tahun lalu. Perusahaan-perusahaan dapat ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik (e-Commerce),penggunaan komputer sebagai alat utama untuk melakukan operasi bisnis dasar. Perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk berbagai alasan, tetapi tujuan utamanya adalah keunggulan kompetitif.
2. Tinjauan Pustaka
Perdagangan melalui jaringan elektronik dalam rencana strategis, mereka dihadapkan pada keputusan mengenai pemilihan strategi, metodologi, dan teknologi terbaik. Strategi utama adalah membangun sistem antar – organisasi (interorganizational system – IOS) yang terdiri dari beberapa perusahaan yang bekerjasama sebagai satu unit tunggal dan pertukaran data elektronik (elektronik data interchange) atau EDI.
3. Pembahasan
Perdagangan melalui jaringan elektronik sebagai penggunaan komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan hanya mencakup transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok. Jika kita mempertimbangkan kita akan melihat ada beberapa faktor yang diyakini dapat mendukung pengembangan e-commerce sementara beberapa yang lain tidak.Beberapa faktor yang tidak mendukung pertumbuhan e-commerce.Faktor-faktor ini diklasifikasikan ke dalam 5 kelompok: infrastruktur, kesadaran, keamanan, budaya / kebiasaan dan faktor-faktor yang berasal dari penyedia e-commerce.E-commerce potensi besar dan menjanjikan di Indonesia, tetapi memerlukan penanganan yang tepat untuk menjamin keberhasilan pembangunan di Indonesia.
Perusahaan-perusahaan atau organisasi yang ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan di seluruh orgnaisasi.
Perbaikan tersebut diharapkan menghasilkan tiga (3) manfaat utama :
• Pelayanan pelanggan meningkat
• Hubungan dengan pemasok & masyarakat keuangan meningkat
• Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
Manfaat-manfaat tersebut berkontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya untuk bersaing dengan lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk menggunakan teknologi komputer.
Kendala e-Commerce
• Biaya tinggi
• Masalah keamanan
• Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
4. Penutup
Kesimpulan
Perusahaan-perusahaan dapat ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik (elektronic commerce) – penggunaan komputer sebagai alat utama untuk melakukan operasi bisnis dasar. Perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk berbagai alasan, tetapi tujuan utamanya adalah keunggulan kompetitif.
Saran
Penulis menyadari bahwa masih banyak lagi kekurangan, baik dari segi isi dan pokok bahasan yang belum lengkap.Untuk itu penulis mengharapkan tanggapan dari para pembaca guna perbaikan pembahasan ini.Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca.
5. Referensi
* http://www.yoyoke.web.ugm.ac.id
*http://books.google.co.id/books?id=VFFQD2eHGYYC&pg=PR18&dq=saran+Sistem+Informasi+Manaj€emen&hl=id&ei=7OucTL7tLI27caL2zcwJ&sa=X&oi=book_result&ct=result&resnum=2&ved=0CCwQ6AEwAQ#v=onepage&q=saran%20Sistem%20Informasi%20Manajemen&f=false
* www.ittelkoma.co.id
* http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14140/SIM.pdf
* http://chanisia.wordpress.com/2010/01/01/sistem-informasi-pada-perusahaan
*http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14144/SistemInformasiBerbasisKomputer1.pdf
* http://miftah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folde/r0.12
* http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.6
* http://ilmukomputer.org/
* http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi_Manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar